Meningkatkan Kecepatan Browsing Dengan RAMDisk

RAMDisk adalah aplikasi yang bisa membuat virtual RAM drive, dengan kata lain komputer akan menganggap bahwa virtual RAM drive adalah disk drive. Aplikasi yang tersimpan dalam disk drive sebenarnya tidak beroperasi langsung dalam disk drive, tapi ditransfer ke memory yang lebih tinggi kecepatannya, namun data- data aplikasi dalam memory tersebut akan terhapus ketika komputer dimatikan.  Dengan menyimpan temporary internet files dari browser yang anda gunakan dalam virtual RAM drive, maka akan meningkatkan kecepatan browsing, terutama dalam masalah loading web page. Untuk meningkatkan kecepatan browsing dengan RAMDisk, maka lakukan langkah- langkah berikut:

1. Download aplikasi RAMDisk Freeware Version di http://memory.dataram.com.
2. Instal RAMDisk dalam komputer anda.
3. Buka RAMDisk dan berikan besar yang anda ingin alokasikan sebagai virtual RAM drive, ingat menyisakan 2 GB untuk Windows. Jadi, jika RAM komputer anda adalah 3 GB, maka anda bisa menjadikan 1 GB sebagai virtual RAM drive dan 2 GB untuk Windows. Masukkan nilai dalam Megabyte.
4. Pilih FAT32 partition.


5. Klik tab Load/Save dan beri tanda pada "Save disk image on shutdown".
6. Klik "Start RAMDisk".
7. Ketika muncul pesan, klik "Install".
8. Tunggu sebentar, lalu klik "Stop RAMDisk".
9. Beri tanda pada "Load Disk Image at Startup".
Dan RAMDisk sudah siap untuk digunakan. Langkah selanjutnya adalah mengatur browser anda untuk menggunakan RAMDisk.
A. Buka Firefox dan ketik about:config dalam address bar, pada peringatan yang muncul, klik "I'll be careful, I promise!". Kemudian klik kanan pada halaman Firefox dan pilih New > String, lalu beri nama browser.cache.disk.parent_directory dan klik "OK". Selanjutnya pada String Value, masukkan drive letter untuk virtual RAM drive yang bisa anda lihat dalam window "Computer". Dalam hal ini pada komputer admin adalah J, lalu klik "OK".


B. Sedangkan untuk Internet Explorer, buka Internet Explorer lalu klik icon gear (Tools) dan pilih "Internet Options". Klik "Settings" pada bagian "Browsing history", kemudian klik "Move folder..." dan pilih drive RAMDisk", lalu klik "OK".


0 Response to "Meningkatkan Kecepatan Browsing Dengan RAMDisk"

Post a Comment