Menggunakan Aplikasi Windows Di Linux

Banyak orang yang enggan mencoba untuk menggunakan Sistem Operasi Linux, misalnya Ubuntu, dengan alasan aplikasi yang sering mereka gunakan dalam Windows tidak bisa mereka gunakan dalam Linux. Tapi sekarang anda bisa menggunakan aplikasi Windows dalam Linux dengan menggunakan PlayOnLinux. PlayOnLinux adalah aplikasi dalam Linux yang memungkinkan anda meng-instal dan menggunakan banyak games dan aplikasi yang berbasis Windows.
Jika anda menggunakan Ubuntu, maka anda bisa meng-instal PlayOnLinux melalui Ubuntu Software Center. 1. Buka PlayOnLinux kemudian klik "Next", ikuti Installation Wizard.
2. Buat Virtual Drive untuk menampung aplikasi Windows yang anda akan instal. Klik tab "Configure" dan pilih "New". Pada window "Virtual drive creator" klik "Next", kemudian pilih "System" dari daftar versi WINE, klik "Next" dan beri nama Virtual Drive yang anda buat lalu klik "Next".
3. Untuk meng-instal aplikasi, anda bisa membuka list dari aplikasi yang memang sudah tersedia, tapi anda juga bisa melakukan search aplikasi yang anda inginkan. Double-click aplikasi untuk melakukan instalasi, lalu klik "Next" dan PlayOnLinux akan meng-instal Emulator WINE yang sesuai dengan aplikasi tersebut. Aplikasi yang sudah anda instal akan tampil dalam window PlayOnLinux.
4. Untuk menjalankan aplikasi, anda bisa melakukan double-click dari daftar, atau pilih aplikasi kemudian klik "Run", untuk uninstall pilih "Remove". Anda juga bisa membuat shortcut di Desktop dengan meng-klik "Shortcut" lalu ikuti prosesnya.
5. Untuk meng-instal aplikasi yang tidak terdapat dalam daftar, anda bisa menyimpan file exe aplikasi yang anda inginkan dalam hard drive dan menambahkannya secara manual dalam daftar PlayOnLinux. Dalam PlayOnLinux, klik tab "Install" kemudian pilih "Install a non-listed program". Selanjutnya pilih "Install a program in a new virtual drive", lalu klik "Next", dan beri nama untuk virtual drive, kemudian klik "Next". Selanjutnya pilih file exe aplikasi yang anda ingin instal, lalu klik "Next", maka PlayOnLinux akan meng-instal aplikasi tersebut.
Selamat mencoba!

0 Response to "Menggunakan Aplikasi Windows Di Linux"

Post a Comment