Solusi Masalah 'NTLDR is Missing' Windows XP

Pesan error 'NTLDR is Missing' biasanya muncul karena file NTLDR atau Ntdetect.com mengalami masalah, apakah filenya corrupt, rusak atau terhapus diakibatkan oleh masalah tertentu. Karena file NTLDR dan Ntdetect.com adalah file yang digunakan Windows XP untuk start, maka jika file ini bermasalah, Windows XP tidak akan bisa start, dan akan muncul pesan 'NTLDR is missing'.
Namun anda bisa mengembalikan file NTLDR dan Ntdetect.com menggantikan file yang corrupt, rusak atau terhapus untuk memberikan solusi masalah ini. Caranya adalah dengan menggunakan CD instalasi Windows XP yang anda gunakan untuk instal Windows XP dalam komputer anda melalui fitur Recovery Console:


1. Masukkan CD instalasi Windows XP dalam CD ROM dan boot dengannya. Pada umumnya menu boot bisa diakses dengan menekan tombol F12.
2. Biarkan proses booting berjalan dan ketika sampai pada Welcome to Setup, tekan tombol R pada keyboard untuk masuk ke Recovery Console, dan tunggu sampai muncul command prompt.
3. Pilih lokasi instalasi Windows, yang biasanya dengan menekan tombol 1 jika anda hanya memiliki 1 operating system, lalu tekan Enter.
4. Masukkan administrator password jika diminta, namun jika anda tidak memasang administrator password, langsung tekan Enter.
5. Ketik perintah copy d:\i386\ntldr c:\, kemudian tekan Enter. Perintah ini untuk meng-copy file NTLDR dari CD ke Windows XP anda. Jadi kalau anda dikonfirmasi untuk overwrite file, ketik Y untuk Yes.
6. Ketik perintah copy d:\i386\ntdetect.com c:\, dan tekan Enter. Perintah ini untuk meng-copy file Ntdetect.com dari CD ke Windows XP anda.
7. Keluarkan CD dan ketik exit untuk restart komputer.

d:\ adalah lokasi CD Windows XP anda, yang mungkin berbeda pada komputer anda. Jika masalah komputer anda hanya pada masalah file NTLDR atau Ntdetect, maka setelah anda menjalankan langkah ini, komputer anda akan bisa start lagi.

2 Responses to "Solusi Masalah 'NTLDR is Missing' Windows XP"