Mengenal Windows 8

Windows 8 adalah salah satu versi dari Sistem Operasi Windows yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer termasuk desktop, laptop, tablet dan home theatre PC. Secara resmi Microsoft meluncurkan Windows 8 pada tanggal 26 Oktober 2012, dan tersedia dalam beberapa Edisi, yaitu Windows 8, Windows 8 Pro, Windows 8 Enterprise dan Windows RT.
Windows 8 memperkenalkan perubahan yang sangat signifikan dibanding versi Windows pendahulunya, karena Windows 8 juga dirancang untuk digunakan dalam mobile device seperti tablet yang menggunakan layar sentuh atau touch screen.
Banyak fitur- fitur baru yang dimunculkan dalam Windows 8, diantaranya:
1.  Proses Boot dan Shutdown yang lebih cepat, karena melalui integrasi UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) dan Hybrid Boot mode, dimana Windows kernel akan dibawa ke kondisi hibernate untuk mempercepat proses boot.
2.  Lock screen dengan jam dan notifikasi.
3.  Start Screen dengan Metro UI.
4.  Windows To Go untuk edisi Enterprise yang memungkinkan untuk membuat Windows Live dalam USB.
5.  File Explorer dengan fitur "Ribbon".
6.  Charm Bar.
7.  Aplikasi Windows Store.
8.  Secure boot UEFI.
9.  Refresh dan Reset.
10. Advanced Startup Options (Lihat Cara Repair Windows 8)

Di samping beberapa penambahan fitur- fitur baru tersebut, Microsoft juga menghilangkan beberapa fitur dalam Windows 8 yang sebelumnya terdapat dalam Sistem Operasi Windows, diantaranya:
1. Start Button atau Start Menu.
2. Windows Media Center.
Inilah sekilas gambaran untuk mengenal Windows 8. Jika anda tertarik untuk upgrade ke Windows 8, anda bisa lihat postingan Langkah Persiapan Upgrade Ke Windows-8.

Karena mendapat banyak kritikan, maka Microsoft sekarang mempersiapkan update untuk Windows 8 yang diberi nama Windows 8.1. Bagi pengguna Windows 8 yang ingin update ke Windows 8.1, bisa melihat Cara Update Windows 8 ke Windows 8.1.

0 Response to "Mengenal Windows 8"

Post a Comment