Cara Membuka Situs Yang Diblokir


Pada negara- negara tertentu, pemerintah dengan beberapa alasan melakukan pemblokiran situs yang dianggap bisa menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat dan pemerintah. Hal ini tentu saja membuat kalangan tertentu agak kecewa karena mengurangi kebebasan dalam mendapatkan informasi atau kebutuhan melalui internet. Tapi dengan menggunakan trik dan layanan yang disediakan oleh pihak tertentu, maka anda masih bisa menembus pemblokiran tersebut. Berikut ini ada beberapa trik dan layanan yang bisa anda gunakan untuk membuka situs yang diblokir:

1. Menggunakan layanan TOR, yaitu sebuah jaringan dengan virtual tunnel yang dimaksudkan untuk lebih meningkatkan privasi dan keamanan dalam menggunakan internet. Untuk menggunakan layanan TOR ini, anda bisa menggunakan TOR Browser Bundle yang tersedia di https://www.torproject.org. Jika situs ini juga diblokir oleh ISP anda, maka anda bisa download TOR Browser Bundle di tempat lain seperti http://download.cnet.comhttp://www.softpedia.comhttp://www.afterdawn.com, atau http://www.pcworld.com. Jika link download ini juga terblokir, maka anda bisa melakukan pencarian link download yang lain dengan menggunakan Google Search.
Cara Menggunakan TOR Browser sangat mudah dan tidak butuh instalasi. Setelah anda download, lakukan extract dan selanjutnya anda hanya butuh untuk double-click "Start Tor Browser.exe" yang terdapat dalam folder TOR Browser Bundle.


Selanjutnya aplikasi ini akan menjalin komunikasi dengan TOR Network.


Jika telah terhubung dengan jaringan TOR, maka sebuah browser akan terbuka secara otomatis yang selanjutnya anda bisa gunakan untuk membuka situs- situs yang anda inginkan, termasuk situs yang diblokir tersebut. Sampai saat ini, layanan TOR masih berfungsi dengan baik dalam menjalankan fungsinya untuk menembus pemblokiran sekaligus membuat anda anonymous di internet.


2. Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk membuka situs yang diblokir adalah dengan menggunakan ZenMate dan Hola pada browser Google Chrome. Kunjungi situsnya kemudian klik "Add ZenMate to Chrome" dan masukkan alamat email anda. Setelah ZenMate diinstal dalam Google Chrome, maka semua situs yang diblokir bisa anda kunjungi tanpa pemblokiran lagi.


3. Cara ketiga yang bisa anda coba untuk membuka situs yang diblokir adalah dengan menggunakan Proxy Server.

Untuk melihat daftar proxy server dari tiap negara, anda bisa kunjungi situs hidemyass.com. Selanjutnya anda masukkan proxy server dalam browser. Untuk Internet explorer klik Tools > Internet Options > Connections > LAN Settings dan beri tanda tik Use a proxy server for your LAN, masukkan IP address proxy server dan nomer port pada kolom yang disediakan, dan beri tanda tik juga Bypass proxy server for local addresses, lalu klik OK. Sedangkan untuk Firefox, klik Firefox > Options > Advanced > Network > Settings, klik Manual proxy configuration lalu masukkan IP address dan nomer port proxy server. Pada kolom No Proxy for, masukkan local network anda 192.168.1.0/24, lalu klik OK.

4. Menggunakan VPN, lihat Cara Menggunakan VPN Dalam Windows.

5. Menggunakan Tails, lihat Cara Aman Browsing dan Menembus Sensor Internet.

Jika ada yang ingin menambahkan atau memberi saran, jangan ragu memasukkannya di kolom komentar.

1 Response to "Cara Membuka Situs Yang Diblokir"