Memunculkan Kembali File Yang Disembunyikan Oleh Virus

Banyak virus yang selalu menyembunyikan file atau folder pada USB drive atau External Hard Drive, biasanya Virus ini membuat file dengan extensi lain, biasanya .exe atau .lnk. Kebanyakan Anti Virus bisa mendeteksi Virus tersebut namun tidak memunculkan kembali file yang telah disembunyikan oleh virus tadi. Untuk mengantisipasi hal ini guna memunculkan kembali file yang disembunyikan oleh Virus, maka lakukan hal berikut:

Buka Command Prompt. Klik 'Start'  kemudian ketik 'cmd' di search box dan 'Enter', window 'Command Prompt' akan muncul. Selanjutnya ketik direktori USB drive atau External Hard Drive yang kita ingin pulihkan, misalnya E: kemudian tekan 'Enter'. Pada direktori tersebut ketik perintah ini attrib -s -h *.* /S /D kemudian tekan Enter. Perintah ini akan memunculkan kembali file atau folder yang disembunyikan oleh virus pada drive tersebut.


Anda juga bisa melihat Cara Menghapus Virus Shortcut atau Autorun  dan Cara Menggunakan Perintah ATTRIB Dalam Windows 7 / 8 sebagai tambahan. Dimana anda juga bisa menggunakan program  untuk melakukan scan pada USB Flash Disk yang terjangkit virus tersebut sehingga menyebabkan file- filenya tersembunyi.

Semoga bermanfaat.

4 Responses to "Memunculkan Kembali File Yang Disembunyikan Oleh Virus"

  1. Replies
    1. Alhamdulillah kalo ada yang bisa ambil manfaat. Thanks.

      Delete
  2. Angin segar ni bos akan aku coba.makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa juga dengan mencoba perintah "attrib -h -r -s /s /d E:\*.*", tanpa tanda kutip, dimana E:\ adalah Drive Letter USB Drive.

      Delete