Membuat Partisi Recovery Windows

Partisi Recovery dalam Windows adalah suatu solusi yang bisa menyelamatkan anda dari malapetaka rusaknya Windows. Jika Windows bermasalah seperti tidak bisa boot, selalu hang atau crash, serta berbagai masalah lainnya yang membuat anda harus instal ulang, maka dengan adanya Partisi Recovery, anda bisa menghindari keharusan instal ulang Windows. Partisi Recovery bisa mengembalikan kondisi Windows sama seperti ketika anda membuat Partisi Recovery tersebut, lengkap dengan Settings dan Program yang telah anda instal. Cara membuat Partisi Recovery Windows bisa dengan menggunakan AOMEI OneKey Recovery. Dengan AOMEI OneKey Recovery, anda bisa membuat Partisi Recovery untuk Windows XP, Windows Vista, Windows 7Windows 8 atau Windows 8.1. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka program AOMEI OneKey Recovery dan pilih opsi "OneKey System Backup".


2. Selanjutnya pilih opsi "Backup system to AOMEI OneKey Recovery Partition" lalu klik "Next".


3.Sebaiknya anda membuat satu ruang "Unallocated" sebesar 50 GB untuk menyimpan data Recovery yang akan dibuat oleh AOMEI OneKey Recovery. Anda bisa membuat ruang "Unallocated" melalui Disk Management (Lihat Cara Membuka Disk Management Windows 8) dan lakukan "Shrink Volume" seperti dalam gambar berikut.


4. Dengan adanya ruang yang "Unallocated", maka OneKey Recovery akan secara otomatis memilih ruang tersebut untuk menyimpan data Recovery dan menjadikannya Partisi Recovery. Selanjutnya klik "Start Backup".


5. Selanjutnya anda hanya tinggal menunggu sampai proses membuat Partisi Recovery oleh AOMEI OneKey Recovery sampai selesai.


6. Setelah proses pembuatan Partisi Recovery, klik "OK".


7. Selanjutnya jika sewaktu- waktu Windows mengalami masalah yang serius, maka anda sudah bisa melakukan Recovery dengan menggunakan Partisi Recovery yang dibuat oleh AOMEI OneKey Recovery. Anda bisa masuk ke Partisi Recovery dengan memilih opsi "Enter into AOMEI OneKey Recovery" pada "Windows Boot Manager".


Demikianlah cara membuat Partisi Recovery dalam Windows dengan menggunakan AOMEI OneKey Recovery. Bagi yang ingin menambahkan atau memberi komentar, jangan ragu memasukkannya dalam kolom komentar.

1 Response to "Membuat Partisi Recovery Windows"

  1. Apakah Drivenya harus 50G buat menyimpan data recovery ?
    Masalahnya HDD cuma 40, Win xp.

    ReplyDelete