Solusi Masalah "Cannot delete thumb.db as it is open in another program"


Mungkin anda mengalami masalah ketika hendak memnghapus atau memindahkan folder lalu muncul pesan "Cannot delete thumb.db as it is open in another program", hal ini terjadi karena folder tersebut mengandung file thumb.db. Untuk mencari solusi masalah "Cannot delete thumb.db as it is open in another program", sebaiknya kita ketahui dulu apa itu thumb.db. Thumb.db adalah file yang mengandung data di belakang layar yang digunakan oleh Windows untuk menopang thumbnail icon. Oleh karena itu, file thumb.db selalu dioperasikan atau digunakan, bukan saja oleh salah satu program, tapi oleh Windows sendiri, sehingga sulit dihapus atau dipindahkan.

Untuk memberikan solusi terhadap masalah ini, anda bisa menggunakan Group Policy Editor, yang dalam Windows 8.1 anda bisa mengetik group policy di Search lalu meng-klik "Edit Group Policy".


Selanjutnya telusuri User Configuration\Administrative Templates\Windows Component\File Explorer, lalu jadikan Enable "Turn off the caching of thumbnails in hidden thumb.db file".


Untuk menjadikannya Enable, double-click lalu memberi tanda pada Enable, lalu klik "Apply" > "OK".


Setelah anda Enable dan tidak mengalami masalah, selanjutnya buka Folder Option dan klik tab "View". Hilangkan tanda centang pada "Display file icon on thumbnails" lalu klik "Apply" > "OK".


Selanjutnya anda sudah bisa menghapus folder yang mengandung file thumb.db.

0 Response to "Solusi Masalah "Cannot delete thumb.db as it is open in another program""

Post a Comment