Perintah Command Prompt Windows Yang Menarik


Jika selama ini anda hanya menggunakan mouse untuk mengoperasikan komputer, cobalah sekali- sekali menggunakan perintah command prompt yang menarik ini sebagai pelajaran awal. Karena ada beberapa hal yang tidak bisa anda lakukan dalam Windows  dengan menggunakan  mouse semata. Berikut ada beberapa perintah yang bisa anda praktekkan. Buka Command Prompt sebagai Administrator, caranya klik Start > Accesories dan klik kanan cmd kemudian pilih Run as administrator, akan muncul window berwarna hitam dan memunculkan direktori C:\Windows\system32>.   Di sinilah anda memasukkan perintah:

1. Untuk melakukan Shutdown atau Restart komputer dalam jaringan anda. Pertama- tama anda harus tahu nama komputer yang anda ingin shutdown atau restart. Ketik perintah shutdown /i untuk memunculkan kotak dialog shutdown, klik Add, dan masukkan nama komputer kemudian klik OK, kemudian pilih shutdown atau restart, beri peringatan atau tidak dan klik OK. Anda juga bisa melakukannya langsung dengan perintah dalam Command Prompt, ketik shutdown /s /m \\nama komputer untuk shutdown, sedangkan untuk restart perintahnya shutdown /r /m \\nama komputer.
2. Memperbaiki file system yang rusak. Jika anda merasa bahwa Windows anda ada kelainan misalnya sering muncul pesan Error atau hilangnya file dll, anda bisa memperbaikinya dengan menjalankan perintah dalam Command Prompt sfc /scannow. Biasanya butuh waktu beberapa menit untuk melakukan scan dan memperbaiki file kalau memang ada yang rusak.
3. Untuk melihat masalah koneksi internet. Jika anda mengalami masalah untuk membuka situs, anda bisa menjalankan perintah ping diikuti nama situs yang anda mau buka untuk mengetahui apakah situs itu yang lagi down atau koneksi anda yang bermasalah, misalnya ping contoh.com, jika situs itu online, akan ada ada jawaban 4 atau 5 kali berikut detail berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merespon. Untuk memeriksa koneksi internet jalankan perintah ping 127.0.0.1, kalau tidak ada masalah, anda juga bisa ping ip address anda sendiri.
4. Untuk memperbaiki bootloader. Jika anda meng-instal sistem operasi linux seperti BackTrack atau Ubuntu dalam komputer anda bersama Windows dengan sistem dual boot, ketika anda menghapusnya maka Windows juga tidak bisa booting. Tapi anda bisa memperbaikinya tanpa harus meng-instal ulang Windows. Caranya anda harus booting dari  CD atau DVD instalasi Windows yang anda gunakan untuk meng-instal Windows, kemudian pilih opsi Repair this computer with recovery tool, kemudian klik Next, pilih Command Prompt dan ketik perintah bootRec.exe /fixmbr.
5. Untuk melihat apakah Hard Disk anda butuh defragment. Ketik perintah defrag C: /A, C adalah nama partisi yang anda mau periksa. Jika anda mau menjalankan defrag langsung dari Command Prompt, perintahnya defrag C:.
6. Untuk melihat service- service yang beroperasi dalam komputer anda. Perintah net start akan memunculkan semua daftar service yang berjalan. Jika anda ingin menghentikan satu service, ketik perintah net stop nama service, misalnya net stop Cryptographic Services, dan untuk menjalankan kembali ketik net start nama service.
7. Untuk menonton film Star Wars dalam bentuk ASCII. Pertama- tama buka Control Panel > Programs > Turn windows features on or off, kemudian beri tanda tik Telnet Client dan Telnet Server, dan klik OK. Selanjutnya klik Start dan ketik telnet dalam kotak search lalu tekan Enter, dalam Command Prompt telnet ketik towel.blinkenlights.nl dan tekan Enter, film Star Wars akan muncul. Untuk pengguna XP, bisa langsung menjalankan perintah towel.blinkenlights.nl dalam Command Prompt.

2 Responses to "Perintah Command Prompt Windows Yang Menarik"

  1. Mas, misalnya kita menjakankan file bertipe batch. Nah otomatis kan terbuka cmdnya. Bisa tidak cmdnya itu di sembunyikan, tetapi dia masih aktif mengeksekusi file bacth tadi. IStilahnya 'underground' lah, jalan secara diam-diam. Kalau semisal bisa, buat tutorialnya ya..

    ~Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba buat script untuk mengeksekusi file batch tersebut. scriptnya bisa spt ini:

      HideBat.vbs
      CreateObject("Wscript.Shell").Run "Nama_File.bat",0,True

      Delete