Tips mempercepat 'boot' dan 'shutdown' Windows


1. Boot.
Biasanya Windows membutuhkan waktu 30 detik untuk menampilkan operating system pada waktu start-up, tapi kita bisa merubahnya jadi lebih cepat misalkan 5 detik. Caranya:
-Untuk XP, Klik kanan 'My Computer' dan pilih 'Properties', selanjutnya pilih 'Advance' tab; selanjutnya klik tombol 'Settings' di bagian 'Startup and Recovery', pada bagian 'Time to display list of operating systems' rubah nilainya jadi 5 detik kemudian klik 'OK'.
-Windows 7, klik kanan 'Computer' kemudian pilih ;Properties', pada bagian 'Tasks' klik 'Advance system settings', pada window yang muncul di bagian 'Advance' tab klik 'Settings' di bawah 'Startup and recovery', selanjutnya pada 'Time to display list of operating systems' rubah nilainya jadi 5 detik kemudian klik 'OK'.

Cara lain untuk mempercepat 'boot' di windows adalah dengan tidak memfungsikan fitur 'GUI boot', caranya klik 'start' kemudian ketik 'msconfig' di 'search box', pada window yang muncul, di bagian 'Boot' tab, cari  dan tik 'No GUI Boot', kemudian klik 'Apply' dan restart.

2. Shutdown.
-Klik start dan ketik 'regedit' di 'search box' (untuk pengguna XP klik start - run) kemudian tekan 'Enter'. Kemudian cari HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management, selanjutnya double-click ClearPageFileAtShutdown dan rubah nilainya jadi 1, dan klik 'OK'.
-Dengan cara yang sama, kemudian cari di registry editor HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control, double-click WaitToKillServiceTimeout dan rubah nilainya jadi 5000, dan klik 'OK'. Tutup registry editor kemudian restart komputer.
- Dalam Windows 7 anda bisa membuat shortcut untuk mempercepat shutdown, caranya klik kanan area kosong di desktop dan pilih "New" > "Shortcut", kemudian ketik shutdown.exe -s -t 00 f lalu klik "Next". Selanjutnya beri nama shortcut tersebut menurut keinginan anda, misalnya Shutdown" dan klik "Finish". Ketika anda ingin shutdown, double-click shortcut tersebut.

Cara lain untuk mempercepat proses boot dan shutdown adalah dengan menambah RAM, bisa juga dengan memindahkan paging file ke drive atau partisi yang lain, sehingga drive utama tidak butuh lagi terus- menerus menuliskan paging file dan membaca serta menuliskan file- file Windows pada saat booting dan shutdown. Caranya klik "Start" lalu klik kanan "Computer" dan pilih "Properties". Selanjutnya klik "Advance system settings" > "Advanced" > "Settings" > "Advanced", pada bagian "Virtual memory" klik "Change". Hilangkan tanda centang dalam kotak "Automatically manage paging file  size for all drives". Selanjutnya pilih drive atau partisi lain (biasanya D) dan klik "System manage size" > "Set". Kemudian pilih drive utama (biasanya C) dan klik "No paging file" > "Set" lalu klik "OK".

   

0 Response to "Tips mempercepat 'boot' dan 'shutdown' Windows "

Post a Comment